CariContactTwitterFacebookYouTube

Pencarian

Kamu di sini Beranda Wisata Kuliner Kuliner Batak Naniura Kuliner Khas Batak yang Lezat Untuk Dinikmati

Naniura Kuliner Khas Batak yang Lezat Untuk Dinikmati

email
Naniura Khas Batak
Naniura Khas Batak

Pada Jaman Dahulu Naniura Ini Hanya Dihidangkan Untuk Raja-raja Batak

Memang tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah wisata, tapi tidak mencoba kulinernya. Makanan khas yang satu ini berasal dari Tapanuli, Daerah disekitar Danau Toba. Naniura merupakan kuliner khas Batak yang paling terkenal karena ikannya yang tidak dimasak, namun hanya dibumbui. Makanan yang satu ini dapat kita jumpai di Danau Toba, Medan dan Pematang Siantar.

Sebetulnya pada jaman dahulu Naniura ini hanya dihidangkan untuk raja-raja Batak. Tetapi dengan berjalanya waktu makanan khas ini sudah bisa dinikmati oleh banyak orang. Naniura merupakan kuliner berbahan ikan yang tidak dimasak, namun hanya dibumbui. Dalam Bahasa Batak sendiri, Naniura adalah ikan yang diasami. Ikan tersebut dimasak dengan rendaman asam jungga  selama 4-5 jam yang tentunya secara kimiawi, dapat mengubah ikan mentah menjadi tidak berbau amis. Melalui proses ini, kualitas protein di ikan menjadi lebih utuh karena tidak terkena api sama sekali.

Bahkan pada saat ini, karena bumbu khasnya yaitu “andaliman” (Bumbu Asli Batak) banyak para wisatawan baik lokal maupun domestik dan bahkan para wisatawan asing selalu mencari masakan asal Tapanuli ini setiap berkunjung ke beberapa daerah di Sumatera Utara. Ikan pilihan untuk membuat Naniura adalah ikan mas yang hanya dibudidayakan di daerah danau Toba. Biasanya ikan diambil langsung dari kolam yang memang dimiliki oleh rumah-rumah makan.

Dalam memasak Naniura, kepala ikan tidak dibuang. Bagian tubuh ikan dibersihkan dari sisiknya dan dibiarkan utuh dari ujung kepala sampai ekornya. Hanya bagian dalam ikan seperti insang, perut, dan duri ikan yang dibuang atau dibersihkan. Kemudian ikan dibelah dua, disayat dari bagian bawah perut ikan. Untuk bumbu yang diperlukan, tidak sulit untuk mencarinya, seperti kunyit, jahe, kemiri, kencur, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, putih, dan andaliman semua bumbu ini lalu dihaluskan.

Sesudah ikan dibersihkan dan bumbu dihaluskan, maka sayuran dan bawang batak dimasukkan ke perut ikan. Tahap akhir adalah mencampur bumbu yang sudah dihaluskan tersebut dengan air lalu diaduk dengan garam secukupnya kemudian dituangkan ke seluruh bagian ikan mas. beri tomat dan selada di bagian atas ikan, sekitar satu hingga tiga jam didiamkan terlebih dulu, barulah sajian ini dapat disantap. Rasa dari ikan Naniura ini pecah di mulut, bumbunya terasa pedas dan hangat pada bibir.  Apalagi jika Naniura ini dinikmati dengan sedikit minuman bersoda tentunya akan lebih nikmat sekali rasanya.

Sudah dibaca 65 kali