CariContactTwitterFacebookYouTube

Pencarian

Kamu di sini Beranda Informasi Tempat Wisata Yogyakarta Puncak Kosakora Wisata Menarik Untuk Dikunjungi di Yogyakarta

Puncak Kosakora Wisata Menarik Untuk Dikunjungi di Yogyakarta

email
Puncak Kosakora Yogyakarta
Puncak Kosakora Yogyakarta

Birunya Air Laut Berpadu Dengan Birunya Langit Membetuk Garis Horizon nan Indah

Puncak Kosakora merupakan salah satu destinasi wisata alam andalan yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta. Di Puncak Bukit Kosakora terdapat hamparan rumput luas dan pemandangan laut lepas. Kini Puncak Kosakora menjadi salah satu spot foto selfie paling ngehits di kalangan anak muda Yogyakarta. Lokasi wisata ini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bukit yang sebelumnya sepi ini sebenarnya dikenal dengan nama Bukit Ngrumput oleh masyarakat setempat, nama Puncak Kosakora justru berasal dari seorang traveller yang secara tidak sengaja menemukan tempat ini. Puncak Kosakora adalah hasil fenomena eksokarst lain di Gunungkidul. Sebuah bukit karst yang berada dalam satu garis dengan deretan pantai-pantai cantik Gunungkidul. Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup bahkan Mercusuar Pantai Baron yang jauh di barat pun dapat terlihat dari bukit yang berketinggian sekitar 50 mdpl ini.

Keindahan tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi terutama bagi muda-mudi yang senang berpetualang. Biasanya muda-mudi menjadikan tempat ini sebagai latar belakang berfoto. Sangat menakjubkan jika mendatangi Puncak Kosakora ini di waktu senja hari saat matahari tenggelam. Puncak Kosakora menjadi tempat yang menarik karena di puncak bukit tersebut ditumbuhi rumput laksana permadani hijau yang cukup luas. Saat rumput-rumput tersebut berbunga, aneka kupu juga akan berterbangan di Puncak Kosakora.

Dari Puncak Kosakora Anda bisa menyaksikan laut lepas. Birunya air laut berpadu dengan birunya langit membetuk garis horizon nan indah. Jajaran perbukitan dan pantai-pantai cantik di sepanjang pesisir Gunungkidul pun bisa terlihat. Sebuah papan kayu bertuliskan “Puncak Kosakora” seolah menjadi jejak yang wajib ada dalam foto Anda saat berada di tempat eksotis ini. Anda bisa menikmati suasana malam dan menantikan sunrise di pagi hari dengan berkemah di tempat ini.

Tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatan camping, karena di lokasi ini sudah ada persewaan tenda untuk berkemah dengan biaya sewa sebesar Rp 60.000 untuk tenda berukuran kecil dan Rp 100.000 untuk tenda dengan ukuran yang lebih besar. Ada dua pengelola di bukit ini, dimana Puncak Kosakora dikelola oleh masyarakat setempat dan Amarei Hill yang dikelola oleh investor. Masing-masing pengelola menerapkan tarif memasang tenda yang bervariasi.

Untuk mencapai tempat wisata ini ada 3 rute yang dapat dipilih. Rute pertama, dari Yogyakarta, Bantul, Parangtritis, Panggang, Saptosari, Baron, Kukup, Pantai Drini, dilanjutkan trekking di Pantai Ngrumput dan sampai ke Puncak Kosakora. Rute kedua, dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Gading, Wonosari, Baron, Kukup, Pantai Drini, dilanjutkan trekking di Pantai Ngrumput dan sampai ke Puncak Kosakora. Untuk rute ketiga, dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Gading, Siono, Wonosari, Baron, Tepus, Pantai Indrayanti, Sundak, Krakal, Pantai Drini, dilanjutkan trekking di Pantai Ngrumput dan sampai ke Puncak Kosakora.

Pengunjung yang membawa kendaraan sendiri dapat memarkir kendaraannya di Pantai Drini. Sebelum mencapai puncak bukit, Anda harus mencapai ke Pantai Drini terlebih dahulu. Jalan naik ke puncak bukit masih berupa jalan setapak dan sebelah kanan kirinya tertutup semak-semak tinggi. Jalanan ini masih sangat alami dan banyak bebatuan sehingga harus berhati-hati terutama saat hujan. Setelah menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 20 menit sampailah Anda ke tempat yang dituju yaitu Puncak Kosakora.

Sudah dibaca 100 kali

Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.

Anda tidak diijinkan memberikan komentar. Silahkan login.