CariContactTwitterFacebookYouTube

Pencarian

Kamu di sini Beranda Informasi Tempat Wisata Jawa Timur Kedung Cinet Jombang Daya Tarik Keindahannya Begitu Luar Biasa

Kedung Cinet Jombang Daya Tarik Keindahannya Begitu Luar Biasa

Kedung Cinet Jombang Jawa Timur

Airnya yg Jernih dan Suasana Alam yang Tenang Akan Menyegarkan Anda

Selain letaknya yang lumayan strategis Jombang juga memiliki beberapa objek wisata Indonesia yang menarik untk di kunjungi. Memang beberapa objek wisata di Jombang tersebut masih belum banyak yang terekspose, sehingga banyak juga orang dari luar kota Jombang yang  belum mengetahui. Salah satu wisata tersembunyi tersebut adalah Kedung Cinet Jombang. Kedung Cinet berada di Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Meski berada di lokasi terpencil bukan berarti pemandangan Kedung Cinet tidak dapat memanjakan mata. Kedung Cinet akan mengingatkan Anda pada kemegahan tebing-tebing Grand Canyon di di Colorado, Amerika Serikat, meskipun dalam versi mini. Lokasinya berada di tengah hutan, sehingga masih sedikit wisatawan yang mengeksplor keindahan Kedung Cinet. Tidak sedikit pula yang menyebut Kedung Cinet adalah Green Canyonnya Jombang. Karena aliran sungai yang mengendap berwarna biru musim kemarau yang membuat tempat ini tampak seperti Green Canyon.

Cerita yang berkembang, dulu Kedung Cinet sering digunakan sebagai tempat mandi (pemandian) para prajurit dan dayang istana dari kerajaan Mojopahit yang terkenal. Bagi anda yang berminat ke Kedung Cinet harus memerhatikan waktu berkunjung saat waktu musim hujan, arus sungai di Kedung Cinet sangat deras. Kawasan Kedung Cinet bisa di bilang masih asri dan alami karena belum banyak yang tahu tentang keberadaan Grand Canyon Mini ini. Sementara untuk ongkos masuk Kedung Cinet  masih gratis.

Untuk kesana dari arah Kota Jombang, anda ambil arah ke Ploso, anda akan melewati kecamatan Tembelang, tetap lurus dan ikuti jalan sampai ada jembatan sungai brantas, ketika sampai diujung jembatan belok kiri arah ke Plandaan/Nganjuk/Kertosono. Telusuri jalan yang berdampingan dengan sungai brantas ini lurus sampai anda menemukan Polsek Plandaan lalu belok kiri ke arah Plandaan, lurus saja mengikuti jalan sampai anda masuk ke desa Klitih. Sesampainya di Desa Pojok Klitih, untuk anda yang membawa kendaraan roda dua bisa langsung naik menuju ke lokasi wisata. Apabila anda membawa kendaraan roda empat, anda bisa naik ojek atau menyewa motor yang memang sudah disediakan oleh warga sekitar.

Untuk menuju ke lokasi wisata, anda harus melewati jalan setapak sepanjang sekitar 1,5 Km yang sedikit menanjak dan langsung berdampingan dengan jurang di kanan kirinya. Setelah berkendara sekitar 10 menit, anda akan disambut oleh papan kayu bertuliskan “Selamat Datang di Kedung Cinet”. Di sini anda bisa menitipkan kendaraan ke pemuda desa setempat dan memberinya uang secara sukarela. Para pemuda-pemuda tersebut juga akan memandu anda untuk menuju ke ngarai Kedung Cinet karena jalannya curam dan licin.