CariContactTwitterFacebookYouTube

Pencarian

Kamu di sini Beranda Informasi Tempat Wisata Jawa Tengah Air Terjun Banyu Nibo Pesona Alam Memikat di Jawa Tengah

Air Terjun Banyu Nibo Pesona Alam Memikat di Jawa Tengah

Air Terjun Banyu Nibo Wonogiri Jawa Tengah

Airnya Dipercaya Mampu Menyembuhkan Penyakit Kulit

Air Terjun Banyu Nibo terletak di Dusun Ngluwur, Kepuhsari, Mayaran, Wonogiri, Jawa Tengah. Namun, ada juga yang beranggapan bahwa Air Terjun ini berada di Karangsari, Semin, Gunungkidul, Yogyakarta karena memang letaknya yang berada di perbatasan Wonogiri-Jogja. Salah satu tujuan wisata alam di Kota Gaplek ini masih terjaga keperawanannya masih sangat alami dan asri dan sejuk.

Dinamakan Banyu Nibo karena memang air terjun ini jatuh dari ketinggian sekitar 50 meter dan langsung mengenai batu hitam besar yang berada tepat di bawahnya. Di sekitar air terjun, terdapat banyak sekali batu-batu besar berwarna hitam. Air ini mengalir menuju sungai yamg berada dibawah nya dan dialirkan ke sawah-sawah penduduk. Harap berhati- hati saat bermain air di sini karena batu-batu nya yang sangat licin dan berlumut.

Disini, Anda juga bisa mendengar kicauan burung dan melihat pemandangan pegunungan yang menjulang tinggi dengan kokohnya di kejauhan. Selain panoramanya yang memikat, beberapa pengunjung dari luar desa percaya airnya mampu menyembuhkan penyakit kulit. Air Terjun Banyu Nibo ini sangat bagus jika debit airnya sedang deras-derasnya. Maka dari itu datanglah kesini saat sedang musim penghujan. Fasilitas di tempat ini belum begitu lengkap hanya ada sebuah gazebo kecil dan 2 WC umum di sekitar air terjun.

Rute untuk menuju ke Air Terjun terbilang cukup mudah. Jika dari Yogyakarta, mengambil arah ke timur menuju Gunungkidul. Sampai Wonosari, perempatan Pemda belok kiri, ambil arah ke timur yaitu menuju Karangmojo. Sampai perempatan pasar Karangmojo, belok kiri menuju Semin. Nah, sampai Pasar Semin bisa lurus ke timur mengikuti jalan ke Karangsari. Sampai Karangsari tanya arah ke dusun Ngluwur.

Jika dari Wonogiri, ambil jalan arah Pracimantoro. Sampai di Manyaran, ikuti saja papan penunjuk jalan menuju ke air terjun Banyu Nibo. Sekitar 500 meter sebelum parkiran motor, kita akan disambut Gapura Selamat Datang di Air Terjun Banyu Nibo dan Anda akan diminta membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 setiap orang dan Rp 2.000,00 untuk tarif parkir motor. Dari parkiran ini Anda harus trekking naik ke atas terasering sawah dan melewati  pematang sawah kira-kira sejauh 200 meter.

Buat akun KSMTOUR.COM, jadilah anggota dari komunitas yang secara aktif menyebarkan informasi tentang keindahan Indonesia. Buat akun di sini.