CariContactTwitterFacebookYouTube

Pencarian

Kamu di sini Beranda Informasi Tempat Wisata Yogyakarta Tebing Breksi Wisata Baru Bukit Batu di Yogyakarta

Tebing Breksi Wisata Baru Bukit Batu di Yogyakarta

email
Tebing Breksi Yogyakarta
Tebing Breksi Yogyakarta

Deretan Tebing Batu Menjulang Gagah Sepanjang Puluhan Meter

Kota Yogyakarta kini memiliki tempat baru yang memiliki pemandangan tak kalah indah. Selain terkenal dengan wisata pantainya dan juga candi. Kini kota ini memiliki destinasi baru yang ramai dukunjungi setelah diresmikan oleh Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yaitu berupa wisata tebing yang memiliki sentuhan seni sangat unik bernama Tebing Breksi. Lokasi objek wisata ini berada tidak jauh dan sejalur dengan Candi Ijo, tepatnya berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Nama Breksi sendiri datang dari warga, mengikuti tren dimana nama bukit batu tempat wisata di Bali dan Bandung yang hasil potongannya mirip dengan tebing ini, disebut dengan Breksi. Karena itu lah, tebing ini dinamai Tebing Breksi. Tebing Breksi menjadi destinasi populer saat ini khususnya dikalangan para kawula muda. Pemandanganya yang unik dan tidak biasa membuat banyak orang yang berbondong-bondong datang ke lokasi ini baik wisatawan lokal maupun luar daerah.

Tebing Breksi merupakan salah satu objek wisata terbaru di Jogja yang memanfaatkan keindahan alam. Tebing  ini tidak alami terbentuk begitu saja, tetapi terbentuk dari bukit yang terkikis oleh aktivitas penambangan yang dilakukan warga sekitar. Dahulunya bukit ini adalah tempat warga untuk bekerja, dimana tempat ini merupakan sebuah tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil. Akibat dari bekas tambang yang dilkukan oleh warga ini, maka tebing ini bisa memiliki seni dengan sendirinya. Seakan-akan tebing ini bisa terukir dengan indahnya.

Tebing Breksi menawarkan berbagai panorama  lanskap yang sangat luar biasa bagus dan menarik. Selain dengan pemandangan lanskapnya, dari atas tebing ini Anda dapat melihat candi-candi yang ada disekitar tebing seperti, candi prambanan, candi ijo, candi barong, dan juga candi sojiwan. Bagi Anda yang ingin mencapai puncak tebing tidak perlu khawatir repot, dikarenakan sudah disediakan anak tangga di sisi tebing menuju ke atas.

Di bagian kaki tebing juga terdapat Tlatar Seneng, sebuah amphiteatre yang rencananya akan digunakan sebagai tempat pertunjukan. Tebing Breksi memang lebih banyak disukai bagi penikmat wisata khusus yang bersifat petualangan seperti misalnya panjat tebing, sepeda gunung atau fotografi. Wisata alam seperti ini sangat mirip dengan wisata brown canyon yang ada di daerah semarang. Banyak bagian dari tempat ini yang indah untuk dijadikan sebagai obyek foto. Foto pre wedding juga sangat cocok jika dilakukan di tempat ini.

Waktu terbaik mengunjungi Tebing Breksi adalah sore menjelang malam. Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini pada sore hari maka dapat menyaksikan senja yang indah dari atas tebing. Untuk memasuki kawasan  ini Anda tidak akan dipungut biaya retribusi yang pasti, karena hanya seikhlasnya saja. Rute menuju Tebing Breksi mudah dijangkau karena terletak di jalur utama jalan Prambanan-Piyungan sekitar 1 km sebelum Candi Ijo.

Jika Anda dari arah Jogja langsung menuju arah Candi Prambanan kemudian di pertigaan pasar Prambanan belok kanan arah ke Piyungan. Cari petunjuk arah ke Candi Ijo kemudian ambil kiri (pertigaan sebelum SDN Sambirejo). Dari sini perjalanan masih sekitar 1 km lagi. Berhati-hatilah saat berkendara kerena jalannya menanjak dan juga tidak terlalu mulus. Belum tersedia fasilitas di tempat ini, seperti misalnya toilet, tempat ibadah atau tempat sampah, sehingga wisatawan diharapkan dapat menyesuaikan kondisi ini.

Sudah dibaca 280 kali

Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.

Anda tidak diijinkan memberikan komentar. Silahkan login.