CariContactTwitterFacebookYouTube

Pencarian

Kamu di sini Beranda Informasi Tempat Wisata Yogyakarta Pantai Wediombo Pantai Berpasir Putih di Yogyakarta

Pantai Wediombo Pantai Berpasir Putih di Yogyakarta

email
Pantai Wediombo Yogyakarta
Pantai Wediombo Yogyakarta

Pohon-pohon yang Tumbuh di Sekitar Pantai Menjadikan Pantai Ini Sejuk

Ada banyak sekali pantai yang bisa kunjungi di Gunung Kidul, Jogja. Salah satunya adalah Pantai Wediombo yang berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Wediombo berasal dari bahasa Jawa yang berarti pasir yang luas. Hal ini sesuai dengan keadaan pantai ini yang mempunyai pasir pantai yang putih dan sangat luas terhampar mengikuti panjang pesisir dan dikarenakan dari gempuran ombak yang menghantam perbukitan karst sehingga butiran pasir yang dihasilkan berwarna putih.

Jika selama ini kunjungan ke pantai hanya dihabiskan dengan berenang, bermain pasir, atau bersantai sembari menikmati kelapa muda, kini saatnya Anda mencoba melakukan sesuatu yang menguji nyali yakni surfing. Tak harus jauh-jauh ke Cimaja, Banyuwangi, atau Bali. Anda cukup datang ke Pantai Wediombo yang terletak di Gunungkidul. Tipe ombak di Pantai Wediombo cenderung stabil dan tidak berubah-ubah karena pantai ini berbentuk menyerupai teluk yang dikelilingi bukit karang.

Pantai ini menghadap ke barat sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan sunset dari matahari tenggelam. Padan bulan November hingga Mei, Anda bisa menyaksikan matahari yang tenggelam tepat di horizon. Pemandangannya dijamin istimewa. Pantai Wediombo dikenal sebagai pantai yang memiliki batu karang dimana banyak orang yang memancing ikan dari atas batu karang tersebut. Pantai Wediombo juga dikelilingi oleh bukit bukit karst yang menjadi ciri khas pantai selatan.

Gugusan karang yang ada di Pantai Wediombo merupakan fenomena geologi yang berasal dari batuan Gunung Api Purba. Selain itu, Pantai Wediombo juga memiliki sebuah “kolam renang” alami yang sering dijadikan tempat berenang oleh pengunjung. Letak kolam renang ini berada di pinggir pantai dan dipisahkan oleh batu karang. Dikawasan Pantai Wediombo terdapat dua spot snorkeling populer, yang pertama terletak didekat pantai dan bisa Anda tempuh dengan berjalan kaki, sedangkan yang kedua terletak dibelakang ombak atau tak jauh dari tengah laut, untuk menuju ke spot kedua Anda harus menyewa perahu terlebih dahulu.

Setiap tahunnya lokasi wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul juga dijadikan sebagai tempat Upacara Ngalangi, yaitu upacara adat masyarakat setempat sebagai tanda syukur atas hasil panen ikan yang melimpah, selain melarung sesaji ke laut, dalam ritual Ngalangi ini juga ada aktivitas menangkap ikan menggunakan gawar (jaring dari pohon wawar). Ikan-ikan tersebut kemudian akan dimasak dan dimakan bersama pada acara kenduri besar.

Lokasi Pantai Wediombo berada dibawah permukaan rata-rata tanah sekitar. Untuk mencapai lokasi pantai Anda harus melewati puluhan anak tangga terlebih dahulu. Setelah itu, keindahan panorama Pantai Wediombo akan dapat dinikmati dengan leluasa. Harga tiket masuk Pantai Wediombo ini sebesar Rp.5.000,- per orang. Akses menuju Pantai Wediombo Gunung Kidul ini terbilang cukup mudah, dari pusat kota Jogja Anda tinggal menuju kearah Wonosari (pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya) saja.

Dari kota Wonosari perjalanan di lanjutkan ke arah timur melewati Pasar Wonosari lalu terdapat Pertigaan setelah pasar ambil kanan menuju jalur Pantai Baron. Setelah 10 km dari pertigaan tadi akan terdapat pertigaan lagi yang menunjukkan arah Pantai Wediombo dan Pantai Indrayanti, nah, ikuti saja petunjuk tersebut hingga sampai di Pasar Jepitu, sesampainya di Pasar Jepitu terdapat pertigaan lagi, silahkan ambil arah kekanan hingga Anda sampai di lokasi parkir Pantai Wediombo.

Sudah dibaca 101 kali

Komentar

Tidak ada komentar untuk artikel ini.

Anda tidak diijinkan memberikan komentar. Silahkan login.