CariContactTwitterFacebookYouTube

Pencarian

Kamu di sini Beranda Informasi Tempat Wisata Jawa Timur Pantai Rowo Cangak Pesona Tempat Wisata Jember di Antara Hutan

Pantai Rowo Cangak Pesona Tempat Wisata Jember di Antara Hutan

Pantai Rowo Cangak Jember Jawa Timur

Kebersihan Pantai Masih Terjaga Tidak Ada Sampah

Wisata pantai di Jember memang selalu indah, salah satunya Pantai Rowo Cangak atau Cangak'an merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Jember. Letaknya di Desa Ungkalan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk mencapainya, Anda harus menerobos jalan tanah yang membelah hutan karet. Menyeberang jembatan kecil yang membelah dua sungai pun harus dilalui.

Pada hari libur biasanya di pantai ini ada yang mengelola parkir dengan biaya Rp 5.000. Namun, pada hari biasa Anda bisa membawa kendaraan kita sampai ke bibir pantai. Disini tidak tersedia fasilitas seperti toilet, kamar mandi, dan sebagainya. Tetapi disini Anda bisa menikmati pemandangan pantai selatan yang indah sambil duduk bersantai di pohon pandan. Disini populasi Pandanus tectorius merupakan mangroove yang paling banyak di pantai ini.

Anda juga bisa berfoto di bukit sebelah kiri untuk melihat pantai dari atas. Akses yang kurang memadai menjadikan peminat suasana pantai enggan datang. Tapi keuntungannya kebersihan pantai yang masih terjaga. Tidak satupun plastik atau sampah yang ditemui dilokasi. Hanya suara ombak yang Anda dengar lengkap dengan suasana eksotis khas pantai selatan. Suasana yang tenang menjadikan pantai ini sangat cocok untuk refreshing.

Biarpun namanya ‘cangak’ bukan berarti Anda akan menemukan kelompok gagak beterbangan, apapun namanya, pantai ini menawarkan kedamaian alam. Untuk menuju ke pantai ini Anda bisa melalui dua jalur yaitu melalui jalur menuju Nanggelan yaitu perempatan ambulu belok kiri, terus sampai masuk ke perkebunan Kotta Blater menuju ke arah Nanggelan, seampainya Anda pada persimpangan di hutan jati Anda lurus saja, karena jika berbelok ka kiri akan ke Nanggelan. Kemudian lurus saja mengikuti jalur setapak menuju ke Pantai Rowo Cangak.

Alternatif selanjutnya adalah lewat Desa Sabrang, dari perempatan ambulu Anda lurus saja sampai ada belokan ke kiri menuju ke Desa Sabrang yang jalannya bersebelahan dengan sungai. Dari sana Anda lurus saja mengikuti jalan aspal sampai ada tong di gang Anda belok saja, kemudian Anda akan melewati jembatan gantung.

Kemudian belok kekiri, setelah kantor perhutani Anda belok kiri di persimpangan. Sampailah kita di Desa Ungkalan, kemudian belok ke kanan pada pertiggaan pertama ada SD Ungkalan. Dari SD kita lurus saja sampai ada pertigaan Anda ke kanan menuju hutan, Anda lurus saja sampai melewati jembatan kayu, selanjutnya lurus saja sampai ada pertigaan kita belok kanan. Sekitar 200 meter Anda telah sampai di Pantai Rowo Cangak.

Buat akun KSMTOUR.COM, jadilah anggota dari komunitas yang secara aktif menyebarkan informasi tentang keindahan Indonesia. Buat akun di sini.